-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGATAKAN ENAK DALAM BAHASA JEPANG



Pasti kalian pernah mendengar kata "enak" seperti pada kalimat di atas, bukan? "Enak" adalah salah satu kata sifat dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk mendeskripsikan kelezatan suatu makanan.

Untuk lebih mudah memahami penggunaan kata "enak", yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Jangan lupa juga untuk menonton video penjelasannya ya!

Hidangan Jepang terkenal di seluruh dunia karena rasa yang enak dan beragamnya. Bagi pecinta kuliner, menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kelezatan makanan Jepang adalah hal yang menarik. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara untuk mengatakan "enak" dalam bahasa Jepang. Dengan pengetahuan ini, Anda akan dapat mengungkapkan kekaguman Anda terhadap hidangan Jepang dengan lebih beragam dan memikat.

ENAK DALAM BAHASA JEPANG

1. Bahasa Jepang Oishii (おいしい)

Kata yang paling umum dan sederhana untuk mengatakan "enak" dalam bahasa Jepang adalah "oishii." Kata ini merujuk pada rasa yang lezat dan bisa digunakan untuk kata bahasa jepang nikmat. Anda dapat menggunakan kata ini untuk hampir semua jenis makanan Jepang.

Contoh: おいしい!(Oishii!) - Enak!

2. Bahasa Jepang Umakunai (旨くない)

Kata ini digunakan untuk mengungkapkan bahwa makanan tidak enak. Jika Anda ingin memberikan ulasan yang jujur, Anda dapat menggunakan kata ini dengan sopan untuk menyampaikan ketidakpuasan Anda terhadap hidangan yang Anda coba.

Contoh: このラーメンは旨くない。(Kono ramen wa umakunai.) - Ramen ini tidak enak.

3. Bahasa Jepang Umai (うまい)

Kata "umai" juga dapat digunakan untuk mengatakan "enak" dalam bahasa Jepang. Kata ini memiliki arti yang sama dengan "oishii," tetapi digunakan dengan lebih tidak formal dan lebih akrab. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Contoh: うまい寿司だ!(Umai sushi da!) - Sushi ini enak!

4. Bahasa Jepang Aji (味)

Kata "aji" berarti "rasa" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan cita rasa yang khas dari suatu hidangan.

Contoh: このラーメンの味は豊かだ。(Kono ramen no aji wa yutaka da.) - Rasa ramen ini kaya.

5. Bahasa Jepang Karai (辛い)

Jika Anda menyukai makanan pedas, kata "karai" adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kelezatan hidangan pedas dalam bahasa Jepang.

Contoh: 辛い料理が好きだ。(Karai ryouri ga suki da.) - Saya suka makanan pedas.

6. Bahasa Jepang Shirakunai (しらくない)

Kata ini digunakan ketika Anda tidak yakin atau tidak tahu bagaimana menggambarkan rasa makanan yang Anda coba. Anda dapat menggunakan kata ini dengan sopan ketika diminta memberikan ulasan.

Contoh: これは知らくない。(Kore wa shirakunai.) - Saya tidak tahu rasanya.

7. Bahasa Jepang Omoshiroi (面白い)

Kata "omoshiroi" berarti "menarik" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga menarik secara visual atau unik.

Contoh: この寿司の形は面白いね。(Kono sushi no katachi wa omoshiroi ne.) - Bentuk sushi ini menarik ya.

8. Bahasa Jepang Shiawase (幸せ)

Kata ini berarti "bahagia" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk mengungkapkan betapa bahagianya Anda saat menikmati hidangan Jepang yang lezat.

Contoh: この料理は幸せを感じさせる。(Kono ryouri wa shiawase o kanjisaseru.) - Hidangan ini membuat saya merasa bahagia.

9. Bahasa Jepang Gochisousama (ごちそうさま)

Kata ini digunakan setelah selesai makan untuk mengucapkan terima kasih atas hidangan yang lezat. Mengucapkan "gochisousama" adalah tanda penghargaan yang umum dalam budaya makan Jepang.

Contoh: ごちそうさまでした!(Gochisousama deshita!) - Terima kasih atas hidangannya!

10. Bahasa Jepang Utsukushii (美しい)

Jika Anda ingin menggambarkan makanan Jepang sebagai "indah" secara visual, kata "utsukushii" adalah pilihan yang tepat. Kata ini menggambarkan kecantikan dalam konteks estetika makanan.

Contoh: この寿司の美しさに感動した。(Kono sushi no utsukushisa ni kandou shita.) - Saya terkesan dengan keindahan sushi ini.

11. Bahasa Jepang Yoi (良い)

Kata "yoi" berarti "baik" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan rasa makanan yang baik dan memuaskan.

Contoh: この料理はとても良い味だ。(Kono ryouri wa totemo yoi aji da.) - Hidangan ini memiliki rasa yang sangat baik.

12. Bahasa Jepang Nikai (二階)

Kata "nikai" secara harfiah berarti "lantai dua." Namun, dalam konteks makanan, kata ini digunakan untuk menggambarkan hidangan yang memiliki rasa yang dalam dan kompleks.

Contoh: この料理は味が二階だ。(Kono ryouri wa aji ga nikai da.) - Hidangan ini memiliki rasa yang dalam.

13. Bahasa Jepang Tanoshii (楽しい)

Kata ini berarti "menyenangkan" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga memberikan kegembiraan saat mengonsumsinya.

Contoh: この食べ物は楽しい体験をもたらす。(Kono tabemono wa tanoshii taiken o motarasu.) - Makanan ini memberikan pengalaman yang menyenangkan.

14. Bahasa Jepang Yummy (ヤミー)

Meskipun bukan kata dalam bahasa Jepang asli, "yummy" adalah kata serapan yang populer di kalangan pemuda Jepang. Kata ini digunakan untuk menggambarkan makanan yang sangat enak.

Contoh: このパンケーキはヤミー!(Kono pancake wa yamii!) - Pancake ini enak sekali!

15. Bahasa Jepang Kirei (きれい)

Kata "kirei" berarti "cantik" dalam bahasa Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan hidangan Jepang yang disajikan dengan estetika yang indah.

Contoh: この料理の美しさに感動した。(Kono ryouri no kirei sa ni kandou shita.) - Saya terkesan dengan kecantikan hidangan ini.

16. Bahasa Jepang Itadakimasu (いただきます)

Kata ini digunakan sebelum mulai makan untuk mengungkapkan rasa syukur atas hidangan yang akan dikonsumsi. Mengucapkan "itadakimasu" adalah tindakan sopan dalam budaya makan Jepang.

Contoh: いただきます!(Itadakimasu!) - Saya bersyukur akan hidangan ini!

17. Kimochi dalam Bahasa Jepang ( 気持ち「きもち」)

"Kimochi" dalam bahasa Jepang memiliki beberapa arti tergantung pada konteksnya. Berikut adalah beberapa arti yang umum:

  1. 気持ち (kimochi): Artinya adalah "perasaan" atau "emosi". Kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan atau keadaan emosional seseorang.

Contoh: 私は嬉しい気持ちです。(Watashi wa ureshii kimochi desu.) - Saya merasa senang.

  1. 気持ちいい (kimochi ii): Artinya adalah "nyaman" atau "enak". Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memberikan rasa nyaman atau kepuasan.

Contoh: このベッドは気持ちいいですね。(Kono beddo wa kimochi ii desu ne.) - Kasurnya nyaman ya.

  1. 気持ち悪い (kimochi warui): Artinya adalah "tidak enak" atau "mual". Kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak nyaman atau rasa mual.

Contoh: 彼女は車酔いで気持ち悪いです。(Kanojo wa kuruma yoi de kimochi warui desu.) - Dia merasa mual karena mabuk kendaraan.

  1. 気持ちがいい (kimochi ga ii): Artinya adalah "menyenangkan" atau "menggembirakan". Kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan senang atau bahagia.

Contoh: 海で泳ぐのは気持ちがいいですね。(Umi de oyogu no wa kimochi ga ii desu ne.) - Berenang di laut itu menyenangkan ya.

  1. 心地よい (kokochi yoi): Artinya juga adalah "nyaman" atau "mendamaikan". Kata ini digunakan untuk menggambarkan suasana hati yang tenang dan nyaman.

Contoh: ここは心地よい場所です。(Koko wa kokochi yoi basho desu.) - Ini adalah tempat yang nyaman.


Tabel Kosakata Enak dalam Bahasa jepang

KataHiraganaArti
おいしいおいしいEnak
美味しいおいしいLezat
旨いうまいEnak
うま味うまみRasa enak
満足まんぞくMemuaskan
快いこころよいMenyenangkan
美味びみKebahagiaan
楽しいたのしいMenyenangkan
愉快ゆかいCeria
幸せしあわせBahagia
感動的かんどうてきMengesankan
喜びよろこびKegembiraan
ゴージャスゴージャスMewah
気持ちいいきもちいいNyaman
魅力的みりょくてきMenarik
香ばしいこうばしいWangi dan enak
贅沢ぜいたくMewah
惹かれるひかれるMenarik perhatian

Kesimpulan

Semoga penjelasan mengenai kosakata bahasa Jepang di atas dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar bahasa Jepang dan segala hal yang berhubungan dengan Jepang melalui blog dan seluruh media sosial Kongbuhard. Terima kasih!

Post a Comment for "CARA MENGATAKAN ENAK DALAM BAHASA JEPANG"