-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Bahasa Inggris: Past Continuous Tense

Past Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu. Dalam bahasa Indonesia, Past Continuous Tense dibentuk dengan menambahkan kata 'sedang' sebelum kata kerja. Namun, terdapat aturan dan contoh penggunaan yang perlu dipahami untuk menggunakannya dengan benar.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari aturan dan contoh penggunaan Past Continuous Tense. Anda akan belajar cara membentuk kalimat, mengekspresikan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu, serta kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dalam penggunaannya. Dengan memahami penggunaan Past Continuous Tense, Anda dapat menggunakan bahasa Inggris dengan lebih lancar dan memperkaya pengalaman bicara dan menulis Anda.

Pengertian dan Fungsi Past Continuous Tense

Past Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi atau kejadian sedang terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. Bentuk ini terbentuk dari auxiliary verb "was" atau "were" yang diikuti oleh verb-ing (continuous form) dari kata kerja utama. Contoh: "I was watching TV when she called me." Fungsi dari Past Continuous Tense adalah untuk menjelaskan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu, pemakaian waktu tertentu di masa lalu, dan memberikan latar belakang cerita.

Cara Membentuk Past Continuous Tense



Bentuk dari Past Continuous Tense adalah was/were + verb-ing. Contoh: - I was studying English last night. - They were playing the guitar when I arrived. - He was sleeping when the phone rang.

Pola Kalimat dalam Past Continuous Tense

Pola kalimat dalam Past Continuous Tense adalah subject + was/were + verb-ing
Contoh: 
  • - She was cooking when I came home. 
  • - They were dancing at the party last night. 
  • - He was driving to the office when the accident happened.

Contoh Penggunaan Past Continuous Tense

Past Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu. Dalam bahasa Indonesia, Past Continuous Tense dibentuk dengan menambahkan kata 'sedang' sebelum kata kerja. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Past Continuous Tense dalam bahasa Inggris:

  • I was studying for the exam when my friend called. (Saya sedang belajar untuk ujian ketika teman saya menelepon.)
  • They were playing basketball when it started to rain. (Mereka sedang bermain basket ketika mulai hujan.)
  • She was cooking dinner while her husband was watching TV. (Dia sedang memasak makan malam sementara suaminya menonton TV.)
  • We were driving to the beach when we saw an accident on the road. (Kami sedang mengemudi ke pantai ketika melihat kecelakaan di jalan.)
  • The kids were sleeping when the dog barked loudly. (Anak-anak sedang tidur ketika anjing menggonggong dengan keras.)

Kesalahan Umum dalam Penggunaan Past Continuous Tense

Past Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu. Namun, seringkali terjadi kesalahan dalam penggunaannya, terutama oleh orang-orang yang masih belajar bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam penggunaan Past Continuous Tense:

1. Menggunakan bentuk kata kerja yang salah

Kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan bentuk kata kerja yang salah. Past Continuous Tense dibentuk dengan menambahkan '-ing' pada kata kerja, namun terkadang orang menggunakan bentuk kata kerja yang salah atau tidak sesuai dengan aturan.

Contoh salah: I was play basketball yesterday. (Seharusnya: I was playing basketball yesterday.)

2. Menggunakan waktu yang salah

Kesalahan lainnya adalah menggunakan waktu yang salah dalam penggunaan Past Continuous Tense. Past Continuous Tense digunakan untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu, bukan di masa sekarang atau masa depan.

Contoh salah: I am watching TV when my friend called. (Seharusnya: I was watching TV when my friend called.)

3. Tidak menggunakan kata kerja bantu yang tepat

Past Continuous Tense membutuhkan kata kerja bantu 'was' atau 'were' sebelum kata kerja, tergantung pada subjek kalimat. Namun, terkadang orang tidak menggunakan kata kerja bantu yang tepat atau mengabaikan penggunaannya.

Contoh salah: They playing basketball when it started to rain. (Seharusnya: They were playing basketball when it started to rain.)

4. Tidak memperhatikan struktur kalimat

Kesalahan lainnya adalah tidak memperhatikan struktur kalimat secara keseluruhan. Past Continuous Tense harus digunakan dengan struktur kalimat yang sesuai, seperti subjek, kata kerja bantu, dan kata kerja utama dalam urutan yang tepat.

Contoh salah: Playing basketball they were when it started to rain. (Seharusnya: They were playing basketball when it started to rain.)

Kesimpulan

Past Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang berguna untuk menceritakan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu pada waktu tertentu. Untuk membentuknya, digunakan was/were + verb-ing. Kesalahan umum dalam penggunaan Past Continuous Tense adalah pemakaian yang tidak tepat, yang kurang akurat, dan penggunaan "was" atau "were" yang salah. Dengan menghafal pola kalimat dan menghindari kesalahan umum, penggunaan Past Continuous Tense dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seseorang.
Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Panduan Bahasa Inggris: Past Continuous Tense"