-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menguasai Tenses dalam Bahasa Inggris - Past Future Tense

Past Future Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu. Dalam bahasa Indonesia, Past Future Tense dapat dibentuk dengan menggunakan kata 'akan telah' sebelum kata kerja. Namun, terdapat aturan dan contoh penggunaan yang perlu dipahami untuk menggunakan Past Future Tense dengan benar.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari aturan dan contoh penggunaan Past Future Tense. Anda akan belajar cara membentuk kalimat, mengekspresikan aksi di masa depan yang selesai pada waktu tertentu di masa lalu, serta kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dalam penggunaannya. Dengan memahami penggunaan Past Future Tense, Anda dapat menggunakan bahasa Inggris dengan lebih lancar dan memperkaya pengalaman bicara dan menulis Anda.

Pengenalan Past Future Tense

Past Future Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu. Past Future Tense juga dikenal sebagai Future Perfect Tense. Dalam bahasa Inggris, bentuk kata kerja ini dibentuk dengan menggunakan kata kerja bantu 'will have' atau 'shall have', diikuti dengan bentuk ketiga dari kata kerja utama.

Contoh penggunaan Past Future Tense:

  • By 10 o'clock tonight, I will have finished my homework. (Pada pukul 10 malam nanti, saya akan telah menyelesaikan pekerjaan rumah saya.)

  • He will have been working for 10 hours straight by the time he finishes. (Dia akan telah bekerja selama 10 jam secara terus-menerus ketika dia selesai.)

Rumus Past Future Tense

Subjek + will have / shall have + bentuk ketiga dari kata kerja utama

Contoh:
- I will have completed my homework by 10 o'clock tonight.
(Saya akan telah menyelesaikan pekerjaan rumah saya pada pukul 10 malam nanti.)

- By the time we arrive, they will have already left.
(Pada saat kita tiba, mereka akan telah pergi.)

- He will have been studying English for 2 years by the end of this semester.
(Dia akan telah belajar bahasa Inggris selama 2 tahun pada akhir semester ini.)

Dalam penggunaan Past Future Tense, kata kerja 'will have' atau 'shall have' harus digunakan sesuai dengan subjek kalimat. Selain itu, bentuk ketiga dari kata kerja utama juga harus digunakan secara tepat.

Dengan memahami rumus Past Future Tense dan contoh penggunaannya, Anda dapat menggunakan bentuk kata kerja ini dengan benar dalam bahasa Inggris dan memperkaya kemampuan bahasa Anda.

Penggunaan Past Future Tense

Past Future Tense digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Past Future Tense dalam bahasa Inggris:

  1. Menggambarkan aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu Contoh: By the time we arrive, he will have already finished his presentation. (Pada saat kita tiba, dia akan telah menyelesaikan presentasinya.)

  2. Menggambarkan aksi yang dimulai di masa lalu dan selesai pada waktu tertentu di masa depan Contoh: I will have been working at this company for 10 years by next year. (Saya akan telah bekerja di perusahaan ini selama 10 tahun pada tahun depan.)

  3. Menggambarkan aksi yang akan terjadi sebelum waktu tertentu di masa depan Contoh: By the end of the year, I will have saved enough money to buy a car. (Pada akhir tahun, saya akan telah mengumpulkan cukup uang untuk membeli mobil.)

Dalam penggunaan Past Future Tense, perhatikan bahwa kata kerja bantu 'will have' atau 'shall have' digunakan sesuai dengan subjek kalimat. Selain itu, bentuk ketiga dari kata kerja utama juga harus digunakan secara tepat.

Perbedaan dengan Future Perfect Tense

Past Future Tense dan Future Perfect Tense merupakan bentuk kata kerja yang serupa dalam penggunaannya. Keduanya digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu. Namun, terdapat perbedaan dalam fokus dan waktu penggunaannya.

Past Future Tense fokus pada waktu tertentu di masa lalu, sedangkan Future Perfect Tense fokus pada waktu tertentu di masa depan. Past Future Tense digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu, sedangkan Future Perfect Tense digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang akan selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa depan.

Contoh perbedaan antara Past Future Tense dan Future Perfect Tense:

  • By the time we arrived, they will have already left. (Past Future Tense) (Pada saat kami tiba, mereka akan telah pergi.)

  • By the time we arrive, they will have been waiting for an hour. (Future Perfect Tense) (Pada saat kami tiba, mereka akan telah menunggu selama satu jam.)

Dalam penggunaan Past Future Tense, waktu rujukan adalah waktu tertentu di masa lalu. Sedangkan dalam penggunaan Future Perfect Tense, waktu rujukan adalah waktu tertentu di masa depan.

FAQ 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang penggunaan Past Future Tense:

1. Apa itu Past Future Tense?

Past Future Tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu.

2. Bagaimana cara membentuk Past Future Tense?

Past Future Tense dibentuk dengan menggunakan kata kerja bantu 'will have' atau 'shall have', diikuti dengan bentuk ketiga dari kata kerja utama.

3. Kapan kita menggunakan Past Future Tense?

Past Future Tense digunakan untuk menggambarkan aksi yang selesai di masa depan pada waktu tertentu di masa lalu atau menggambarkan aksi yang akan terjadi sebelum waktu tertentu di masa depan.

4. Apa perbedaan antara Past Future Tense dan Future Perfect Tense?

Past Future Tense fokus pada waktu tertentu di masa lalu, sedangkan Future Perfect Tense fokus pada waktu tertentu di masa depan.

5. Apa contoh kalimat dengan Past Future Tense?

Contoh: By the time I finish this project, I will have worked on it for 3 weeks. (Pada saat saya selesai dengan proyek ini, saya akan telah bekerja pada proyek ini selama 3 minggu.)

6. Apa kesalahan umum dalam penggunaan Past Future Tense?

Kesalahan umum dalam penggunaan Past Future Tense adalah menggunakan kata kerja bantu yang salah atau tidak menggunakan bentuk ketiga dari kata kerja utama.

Kesimpulan

Past future tense merupakan bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan suatu kegiatan yang akan sudah terjadi pada waktu tertentu di masa depan, tetapi dalam konteks waktu yang terletak di masa lampau. Tense ini digunakan untuk membuat prediksi atau rencana untuk waktu yang akan datang. Namun, past future tense berbeda dengan future perfect tense dalam penggunaan dan makna. Past future tense memiliki rumus two-part construct, yaitu will have dan past participle. Untuk menguasai past future tense, perlu sering berlatih menggunakan kalimat-kalimat dengan tense tersebut. Semantic keywords: Bahasa Inggris, Panduan, Tenses, Past Future Tense, rumus, penggunaan, perbedaan, future perfect tense, two-part construct, prediksi, rencana.
Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Menguasai Tenses dalam Bahasa Inggris - Past Future Tense"