-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Arti dan Fungsi Onyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5


Onyomi adalah salah satu cara untuk membaca karakter Kanji. Berkaitan dengan bahasa Mandarin, Onyomi merupakan sebuah pembacaan berasal dari kata-kata Tionghoa. Dalam pembelajaran Kanji, Onyomi memiliki peran penting karena dengan mengetahui Onyomi, kita dapat memahami sejarah dan budaya yang ada di Jepang. Oleh sebab itu, pemahaman Onyomi sangat penting untuk membantu dalam belajar Kanji. Pada 100 Daftar Kanji Level N5 Lengkap terdapat banyak contoh Onyomi. Contohnya seperti Onyomi dari karakter Kanji yang memiliki bentuk mirip dengan huruf dari aksara Hanzi di Tiongkok. Sebagai contoh, karakter Kanji 「人」 memiliki Onyomi 「ニン」 yang berarti orang, sedangkan karakter Kanji 「日」 memiliki Onyomi 「ニチ」 yang berarti hari. Dengan memahami karakter Onyomi tersebut, kita dapat dengan mudah membaca dan mengenali Kanji yang serupa. Penggunaan Onyomi biasanya digunakan sebagai suku kata kedua atau akhir setelah Kunyomi. Kunyomi sendiri adalah cara membaca Kanji yang berasal dari bahasa Jepang, dan biasanya Onyomi menjadi pembanding Kunyomi. Terdapat beberapa karakter Kanji yang memiliki 2 Onyomi atau bahkan lebih. Misalnya, karakter Kanji 「大」memiliki Onyomi 「ダイ」dan 「タイ」, yang keduanya sama-sama memiliki arti besar. Selain itu, Onyomi juga dapat membantu dalam membedakan arti dari sebuah Kanji. Terkadang, terdapat lebih dari satu Kunyomi yang digunakan dalam satu karakter Kanji, dan pada kasus seperti itu, Onyomi menjadi pembanding untuk membedakan arti dari karakter tersebut. Dengan begitu, pemahaman Onyomi akan mempermudah dalam mengingat karakter Kanji. Cara membaca Onyomi sendiri dapat dilakukan dengan melihat karakter Kanji dan mengetahui bacaan Tionghoa dari karakter tersebut. Dalam 100 Daftar Kanji Level N5, terdapat banyak contoh Onyomi yang dapat dipelajari, seperti Onyomi 「チュウ」 yang berarti tengah, digunakan dalam karakter Kanji 「中」, atau Onyomi 「レン」 yang berarti hubungan, digunakan dalam karakter Kanji 「関」. Dalam pembelajaran Kanji, tidak hanya mengenal karakter atau bentuk dari Kanji saja, namun juga Onyomi dan Kunyomi. Dalam pengenalan 100 Daftar Kanji Level N5 Lengkap, penting untuk memahami dan mengenali pembacaan Onyomi dalam setiap karakter Kanji. Dengan begitu, dalam proses pembelajaran, akan lebih mudah untuk mengingat dan memahami arti dari sebuah Kanji. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memahami Konsep Onyomi dan bagaimana penggunaannya dalam pembelajaran Kanji.

Mengetahui Kunyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5 untuk Pengucapan yang Benar

Setelah kita memahami konsep Onyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas Kunyomi. Kunyomi adalah cara membaca Kanji yang berasal dari bahasa Jepang. Artinya, cara pengucapan Kunyomi berbeda-beda tergantung dari karakter Kanji itu sendiri, dan tidak tergantung dengan bagaimana karakter itu diucapkan di bahasa asing. Jika kamu ingin belajar membaca Kanji dengan benar, maka kamu juga perlu memahami Kunyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5 ini.

Umumnya, terdapat dua jenis Kunyomi yang perlu kamu pelajari yaitu Kunyomi On dan Kunyomi Kun, masing-masing dijelaskan di bawah ini:

Kunyomi On

Kunyomi On adalah Kunyomi yang berasal dari pengucapan bahasa Cina. Di sisi lain, Kunyomi On juga disebut sebagai "On-reading". Biasanya, kanji-kaji ini diucapkan berdasarkan sistem Cina, karena Kanji sendiri awalnya juga diterjemahkan dari bahasa Cina. Oleh karena itu, untuk menguasai Kunyomi On, kamu perlu mempelajari cara pengucapan karakter Kanji berdasarkan sistem Cina. Contohnya dalam Kanji N5 termasuk 100 Daftar Kanji Level N5 seperti:

  • 家 - イエ/うち (ie/uchi) - rumah
  • 兄 - キョウ/あに (kyou/ani) - kakak laki-laki
  • 私 - シ/わたし (shi/watashi) - saya, aku

Kunyomi Kun

Kunyomi Kun adalah Kunyomi yang berasal langsung dari bahasa Jepang. Di sisi lain, Kunyomi Kun juga dikenal sebagai "Kun-reading". Sesuai namanya, Kunyomi Kun merupakan cara membaca Kanji berdasarkan pengucapan asli bahasa Jepang. Selain itu, Kunyomi Kun jugalah yang banyak digunakan dalam Kanji untuk keperluan sehari-hari dan kebudayaan Jepang. Beberapa contoh dari Kunyomi Kun dalam 100 Daftar Kanji Level N5 diantaranya:

  • 家 - や (ya) - keluarga, genk
  • 兄 - あに (ani) - kakak laki-laki
  • 私 - わたくし (watakushi) - saya, aku

Maka dapat disimpulkan bahwa Kunyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5 sama-sama penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Kunyomi On diperlukan untuk membaca Kanji dalam bahasa Cina, sedangkan Kunyomi Kun digunakan untuk membaca dalam bahasa Jepang. Mengingat Kanji memegang peranan penting dalam keterampilan membaca dan menulis, maka penting bagi kita untuk memahami Konsep Kunyomi untuk membantu dalam pengucapan kata dan mempermudah dalam mempelajari bahasa Jepang.

Kumpulan Contoh Kanji Level N5 yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mempelajari Onyomi dan Kunyomi dari Kanji Level N5, Anda pasti ingin tahu bagaimana cara menggunakan kanji tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh Kanji Level N5 yang sering digunakan dan artinya dalam Bahasa Indonesia:

1. 行く (iku) yang berarti pergi. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (いく) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (こう). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は学校に行きます (Watashi wa gakkou ni ikimasu) yang berarti "Saya pergi ke sekolah"

2. 来る (kuru) yang berarti datang. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (くる) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (らい). Contoh penggunaan dalam kalimat:
彼は明日来ます (Kare wa ashita kimasu) berarti "Dia akan datang besok".

3. 食べる (taberu) yang berarti makan. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (たべる) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (しょく). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は朝ご飯を食べます (Watashi wa asa gohan o tabemasu) berarti "Saya makan sarapan".

4. 聞く (kiku) yang berarti mendengar. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (きく) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (ぶん). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は音楽を聞きます (Watashi wa ongaku o kikimasu) berarti "Saya mendengarkan musik".

5. 見る (miru) yang berarti melihat. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (みる) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (けん). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私はテレビを見ます (Watashi wa terebi o mimasu) berarti "Saya menonton televisi".

6. 読む (yomu) yang berarti membaca. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (よむ) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (どく). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は本を読みます (Watashi wa hon o yomimasu) berarti "Saya membaca buku".

7. 書く (kaku) yang berarti menulis. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (かく) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (しょ). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は手紙を書きます (Watashi wa tegami o kakimasu) berarti "Saya menulis surat".

8. 言う (iu) yang berarti mengatakan atau berkata. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (いう) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (げん). Contoh penggunaan dalam kalimat:
彼は何を言っているのか分かりません (Kare wa nani o itte iru no ka wakarimasen) berarti "Saya tidak tahu apa yang dia katakan".

9. 見せる (miseru) yang berarti menunjukkan. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari dua huruf (みせる) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (しょう). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は写真を友達に見せました (Watashi wa shashin o tomodachi ni misemashita) berarti "Saya menunjukkan foto saya kepada teman saya".

10. 知る (shiru) yang berarti tahu. Kanji ini memiliki Kunyomi yang terdiri dari satu huruf (しる) dan Onyomi yang terdiri dari satu huruf (ち). Contoh penggunaan dalam kalimat:
私は彼女の電話番号を知っています (Watashi wa kanojo no denwa bangou o shitte imasu) berarti "Saya tahu nomor teleponnya".

Itulah beberapa contoh Kanji Level N5 yang sering digunakan dan artinya dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa kata yang menggunakan Kanji Level N5 yang perlu Anda ketahui, seperti 雨 (ame) yang berarti hujan, 電話 (denwa) yang berarti telepon, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Kanji Level N5 dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang Anda secara efektif dan efisien.

Belajar Strategi Efektif Kanji untuk Pemula dengan 100 Daftar Kanji Level N5

Sebelum memulai mempelajari 100 Daftar Kanji Level N5, Anda harus memiliki strategi belajar yang baik. Belajar kanji tidak hanya tentang menghafal huruf dan makna, tetapi juga memahami konsep dan penggunaannya dalam bahasa Jepang sehari-hari. Berikut adalah beberapa strategi efektif yang dapat membantu pemula belajar kanji dengan mudah dan cepat:

1. Pelajari Onyomi dan Kunyomi

Onyomi dan kunyomi adalah dua cara membaca kanji dalam bahasa Jepang. Onyomi adalah cara membaca kanji secara bahasa Tionghoa, sementara kunyomi adalah cara membaca kanji dengan pengucapan Jepang. Setiap kanji memiliki onyomi dan kunyomi yang berbeda dan Anda harus mempelajarinya secara terpisah. Salah satu cara efektif untuk mempelajari onyomi dan kunyomi adalah dengan membaca banyak materi Jepang, seperti buku, manga, atau artikel online.

2. Gunakan Mnemonik

Mnemonik adalah teknik mengingat dengan menggunakan gambar visual atau cerita yang mudah diingat. Teknik ini sangat berguna dalam mempelajari kanji karena banyak kanji yang terdiri dari beberapa bagian. Anda bisa membuat gambar yang mewakili makna kanji atau membuat cerita pendek yang terkait dengan kanji untuk membantu mengingatnya dengan mudah.

3. Praktikkan Menulis Kanji

Berdasarkan penelitian, menulis kanji membantu dalam mengingat dan memahami konsep kanji lebih baik daripada hanya membaca atau menghafal. Bagi pemula, Anda bisa mulai dengan mengamati stroke order dan meniru cara menulis kanji. Setelah itu, Anda bisa mempraktikkannya dengan menulisnya secara teratur di buku catatan atau kertas polos.

4. Gunakan Aplikasi Pembelajaran Kanji

Teknologi dapat menjadi teman belajar yang efektif, terutama dengan adanya aplikasi pembelajaran kanji yang tersedia secara gratis di App Store atau Google Play Store. Aplikasi ini membantu Anda mempelajari kanji dengan mudah dengan fitur seperti flashcard, latihan menulis, atau kuis. Beberapa aplikasi rekomendasi untuk pemula adalah Duolingo, Memrise, atau Kanji Study.

Mempelajari kanji memang membutuhkan waktu dan usaha yang banyak, tetapi dengan menggunakan strategi belajar yang efektif dan konsisten, Anda bisa menguasai 100 Daftar Kanji Level N5 dalam waktu yang lebih singkat. Selamat belajar!

Menguasai 100 Daftar Kanji Level N5 dengan Latihan Soal dan Tes Online

Untuk bisa benar-benar menguasai 100 daftar kanji level N5, Anda juga harus melatih kemampuan membaca dan menulisnya. Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia latihan soal dan tes online untuk mempermudah proses belajar Anda. Berikut ini beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk melatih kemampuan membaca dan menulis kanji:

1. JLPT Sensei

Situs JLPT Sensei menyediakan berbagai macam latihan soal dan tes online untuk setiap level ujian JLPT, termasuk level N5. Di sini, Anda bisa belajar kanji hiragana, katakana, dan banyak lagi. Latihan soal yang disediakan di situs ini juga sangat lengkap dan menyeluruh, sehingga bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kanji Anda dengan cepat.

2. Go! Go! Nihon

Situs Go! Go! Nihon selain menyediakan informasi penting tentang belajar di Jepang, juga menyediakan latihan soal dan tes online untuk memperdalam kemampuan bahasa Jepangmu. Situs ini juga menyediakan fitur chat online dengan konselor yang bisa membantu menjawab pertanyaanmu seputar pembelajaran dirimu.

3. Tanos

Situs Tanos juga menyediakan latihan soal dan tes online untuk setiap level JLPT, termasuk level N5. Di sini, Anda bisa belajar jenis-jenis kanji, cara membaca onyomi dan kunyomi, serta cara menulis kanji dengan benar. Situs ini juga menyediakan fitur mencari kata Jepang dari kanji yang ingin kamu pelajari. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai sistematika belajar yang terstruktur.

4. Nihongo Master

Situs Nihongo Master juga menyediakan latihan soal dan tes online untuk setiap level JLPT, termasuk level N5. Di sini, Anda bisa belajar grammar, vocabulary, dan conversation yang rutin digunakan dalam percakapan sehari-hari di Jepang. Terdapat juga pelajaran untuk belajar penulisan kanji yang praktis dan mudah diaplikasikan.

5. Memrise

Situs Memrise juga cocok buat kamu yang ingin belajar kanji, memori kata, dan kosakata Jepang dengan cara yang lebih fun dan menarik. Di Memrise, kamu bisa belajar berbagai macam kosakata bahasa Jepang melalui gamifikasi, seperti bermain game atau menyaksikan video pelajaran. Situs ini sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai belajar dengan buku yang monoton.

Untuk mempelajari kanji yang lebih sulit, kamu bisa melihat daftar kanji level N4 lengkap untuk meningkatkan kemampuanmu.


Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Memahami Arti dan Fungsi Onyomi dalam 100 Daftar Kanji Level N5"