-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Korea Semangat, Arti & Penggunaannya

  




Dalam bahasa Korea, terdapat berbagai kata yang mengungkapkan semangat dan motivasi. Mengenal kosa kata semacam ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan lebih ekspresif dan menggambarkan semangat yang kuat. Dalam artikel ini, kami akan menampilkan kata semangat dalam Bahasa Korea beserta artinya dan cara penggunaannya. Mari kita menyimak dan tambahkan semangat baru dalam bahasa Korea kita!

Dalam bahasa Korea, ungkapan "semangat" bisa diterjemahkan ke dalam dua kata yang berbeda: "힘내세요" (himnaeseyo) atau "화이팅" (hwaiting). Kedua ungkapan ini digunakan untuk memberikan semangat, dukungan, dan motivasi kepada seseorang. Ketika Anda ingin mengatakan "semangat" dalam bahasa Korea, Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua ungkapan tersebut.

Kata-Kata Semangat dalam Bahasa Korea

1. Arti Hwaiting Dalam Bahasa Korea 



Kata hwaiting inilah yang terdengar mirip dengan fighting ketika diucapkan. Padahal hwaiting adalah bahasa Korea dan fighting merupakan bahasa Inggris. Ternyata, asal kata hwaiting memang merupakan serapan dari fighting atau semangat dalam bahasa Inggris.

Konon awalnya, kata hwating ini ada akibat datangnya tentara Amerika pada perang Korea tahun 1950-an. Sejak itulah orang Korea yang sering mendengar kata fighting dari orang Amerika jadi menggunakan kata hwaiting untuk menyatakan semangat.

Tapi ada satu hal yang harus diingat, bahwa kata hwaiting hanya dapat digunakan dalam kesempatan informal saja. Kalau ingin mengucapkan hwaiting di situasi formal maka menjadi hwaiting haseyo, jika ditujukan pada orang yang lebih tua atau atasan di kantor misalnya.

Dalam penggunaannya, orang Korea biasa menambahkan kata “aja-aja” didepan hwaiting, sehingga menjadi “aja-aja hwaiting”. Gabungan kata tersebut sering dipakai kalau menonton suatu pertandingan dan memiliki arti “jangan menyerah”.

화이팅 : hwaiting

화이팅 하세요 : hwaiting haseyo


2. Bahasa Korea Himnaseyo



Kata semangat Korea yang juga cukup sering digunakan adalah himnaseyo atau himnae, himnaeseyo dan himnaeja. Istilah ini sering diucapkan dalam variety show di Korea ataupun K-Drama.

Himnaseyo lebih pantas digunakan dalam keadaan formal, sementara himnaeja atau himnae biasanya dipakai pada kondisi non formal. Meskipun begitu, ketiganya memiliki arti yang sama, yaitu “ayo semangat”.

힘내세요 : himnaseyo

힘내  : himnae

힘내자  : himnaeja


3. Bahasa Korea Pogihajimayo



Satu lagi kata semangat dalam bahasa Korea yang tidak boleh diucapkan sembarangan karena sifatnya non formal. Gunakan kata pogihajimayomaseyo kalau mengucapkannya pada situasi yang formal. Pogihajimayo memiliki arti sama dengan aja-aja hwaiting, yaitu jangan menyerah.

포기하지마요 : pogihajimayo

포기하지마세요  : pogihajimayomaseyo


4. Bahasa Korea Halsuisseyo



Ingin memberikan semangat kepada teman ataupun mereka yang usianya lebih muda? Kata halsuisseyo adalah ucapan yang tepat. Halsuisseyo artinya pasti bisa. Halsuisseyo ini lebih pas jika digunakan dalam situasi formal, seperti pada orang yang lebih tua.

Bagaimana kalau ingin mengucapkannya pada teman atau orang yang lebih muda? Anda dapat mengucapkan halsuisseo untuk memberikan semangat kepada teman dan mereka yang usianya lebih muda.

할 수있어요 : halsuisseyo

할 수있어 : halsuisseo


5. Bahasa Korea Jaldoelgeoeyo



Ucapan semangat tidak harus mengandung kata “semangat” itu sendiri. Memberikan semangat dapat diucapkan dengan kata-kata yang lain, seperti “ini akan berhasil” misalnya. Dan itu juga dilakukan oleh orang Korea yang mengucapkan kata “jaldoelgeoeyo” kepada orang lain.

Jaldoelgeoeyo yang berarti ini akan berhasil biasanya diucapkan kepada orang yang lebih tinggi kedudukannya atau yang lebih tua. Sedangkan kalau ingin mengucapkannya kepada teman atau orang yang umurnya lebih muda, maka menjadi jaldoelgeoya.

잘될거에요 : jaldoelgeoeyo

잘될거야 : jaldoelgeoya


6. Bahasa Korea Haenguneul binmida



Kita mungkin sering memberikan ucapan semangat untuk orang lain dengan kata “good luck” atau “semoga berhasil”. Bagaimana mengucapkan semoga berhasil dalam bahasa Korea? Kata yang sering dipakai orang Korea yang artinya sama dengan good luck yaitu hanguneul binmida.

Ucapan semangat dalam bahasa Korea ini diberikan kepada orang yang dihormati atau lebih tua dan dalam situasai resmi. Sedangkan bentuk ucapan dalam kondisi tidak resmi atau non formal yaitu haenguneul bireoyo.

행운을 빕니다 : : haenguneul binmida

행운을 빌어요 : haenguneul bireoyo


7. Bahasa Korea Giunnaeyo



Selain kata hwaiting yang artinya “semangat” atau “semangatlah”, ucapan lain yang artinya sama yaitu “giunnaeyo”. Giunnaeyo dapat juga digantikan dengan ucapan giunae. Tapi perlu diketahui bahwa guinnaeyo maupun giunae sama-sama dipakai untuk situasi tidak formal.

Giunnaeyo diganti dengan kata “giunnaeseyo” ketika diucapkan dalam kondisi yang formal.

기운내요 : giunnaeyo

기운내 :giunnae

기운내세요  : giunnaeseyo


8. Bahasa Korea Gwenchana



Ketika ada keluarga, teman, kenalan atau siapapun yang sedih karena baru saja mengalami hal buruk atau kegagalan, berikanlah semangat dengan mengatakan “gwenchana” pada mereka. Arti gwenchana dalam bahasa Indonesia kira-kira yaitu “tidak apa-apa”.

Cara pengucapan gwenchana yang benar adalah dengan merendahkan intonasi suara yang menunjukkan kepedulian. Tujuannya supaya orang yang sedang merasa sedih bisa lebih semangat kembali.

괜찮아 : gwench

9. Bahasa Korea Geokjeonghaji ma



Hampir sama dengan gwenchana, kata “geokjeonghaji ma” juga diucapkan ketika ingin memberikan semangat kepada orang lain yang sedang bersedih. Ucapan ini paling tepat diberikan sebagai bentuk dukungan kepada orang yang tengah menghadapi masalah.

Apakah arti geokjoenghaji ma itu? Geokjeonghaji ma berarti jangan kuatir, atau “don’t worry” dalam bahasa Inggris.

정하지 마 : geokjeonghaji ma


10. Bahasa Korea Sarangseureowo



Kadang-kadang, orang merasa sedih karena apa yang telah dia lakukan seperti tidak dianggap oleh orang lain. Meskipun telah berhasil dengan cita-citanya ataupun bisa mewujudkan impiannya, orang seringkali masih merasa sedih dan menjadi tidak bersemangat.

Anda bisa menghibur orang yang merasakan situasi seperti ini dengan mengucapkan “sarangseureowo” pada mereka. Kata tersebut memiliki arti kira-kira “aku bangga padamu”. Ucapan ini akan membuat orang yang sedang merasa sedih akan kembali bersemangat.

자랑스러워 : sarangseureowo


11. Bahasa Korea Silsuhaeda gwaenchanayo



Membuat suatu kesalahan adalah hal yang manusiawi tapi sering membuat orang menjadi takut dan sedih. Rasa sedih dan takut tersebut dapat membuat seseorang menjadi kehilangan semangat. Cara untuk memberikan semangat kepada orang yang seperti ini biasa juga dilakukan oleh orang Korea.

Orang-orang Korea biasanya akan mengucapkan “silsuhaeda gwaenchanayo” yang artinya “tidak apa-apa salah”.

실수해도 괜찮아요 : silsuhaeda gwaenchanayo

Memberikan semangat kepada orang lain adalah bentuk kepedulian atas apa yang terjadi atau yang tengah mereka hadapi. Supaya tidak biasa dan terlihat lebih keren, pemberikan ucapan semangat dapat dilakukan dalam bahasa Korea.

Ada banyak pilihan kata-kata semangat dalam bahasa Korea yang dapat diucapkan, baik kepada pasangan, keluarga, teman dan lainnya. Dan jangan lupa, untuk melihat siapakah yang diberikan ucapan semangat itu, apakah teman atau orang yang kita hormati.

{start article}


FAQ Bahasa Korea Semangat

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Bahasa Korea Semangat:

1. Apa itu Bahasa Korea Semangat?

Bahasa Korea Semangat merujuk pada penggunaan kata-kata dan frasa dalam Bahasa Korea yang mengungkapkan semangat, motivasi, dan dukungan. Kata-kata semangat ini digunakan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada orang lain dalam berbagai situasi.


2. Mengapa penting untuk mengenal Bahasa Korea Semangat?

Mengenal Bahasa Korea Semangat menjadi penting karena dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan orang Korea. Dengan mengucapkan kata-kata semangat dalam Bahasa Korea, kita dapat menunjukkan dukungan, motivasi, dan kepedulian kita kepada mereka yang membutuhkannya. Selain itu, mengenal Bahasa Korea Semangat juga dapat membantu kita memahami budaya dan nilai-nilai Korea yang menghargai semangat dan tekad.


3. Bagaimana cara menggunakan kata-kata semangat dalam Bahasa Korea?

Untuk menggunakan kata-kata semangat dalam Bahasa Korea, Anda perlu memahami arti dan konteks penggunaannya. Misalnya, kata "hwaiting" digunakan untuk memberikan semangat dan dukungan, sementara kata "himnaseyo" sering digunakan untuk mengungkapkan semangat dan motivasi. Pastikan untuk menggunakan kata-kata semangat dengan tepat tergantung pada situasi dan hubungan Anda dengan orang yang Anda ajak bicara.


4. Apakah ada perbedaan penggunaan kata-kata semangat dalam situasi formal dan informal?

Ya, ada perbedaan penggunaan kata-kata semangat dalam situasi formal dan informal. Misalnya, jika Anda ingin memberikan semangat kepada seseorang yang lebih tua atau atasan di kantor, disarankan untuk menggunakan bentuk formal seperti "hwaiting haseyo" atau "himnaseyo". Namun, jika Anda ingin memberikan semangat kepada teman sebaya atau orang yang lebih muda, Anda dapat menggunakan bentuk non formal seperti "hwaiting" atau "himnae".


5. Apa arti kata-kata semangat dalam Bahasa Korea yang sering digunakan?

Beberapa kata-kata semangat dalam Bahasa Korea yang sering digunakan beserta artinya adalah:


- Bahasa Korea Hwaiting: Semangat!

Bahasa Korea Himnaseyo: Ayo semangat!

Bahasa Korea Pogihajimayo: Jangan menyerah!

Bahasa Korea Halsuisseyo: Kamu pasti bisa!

Bahasa Korea Jaldoelgeoeyo: Ini akan berhasil!

Bahasa Korea Haenguneul binmida: Semoga berhasil!

Bahasa Korea Giunnaeyo: Semangatlah!

Bahasa Korea Gwenchana: Tidak apa-apa.

Bahasa Korea Geokjeonghaji ma: Jangan kuatir.

Bahasa Korea Sarangseureowo: Aku bangga padamu.

Bahasa Korea Silsuhaeda gwaenchanayo: Tidak apa-apa salah.


6. Apakah ada frasa semangat lainnya dalam Bahasa Korea?

Selain kata-kata semangat, terdapat juga frasa semangat yang sering digunakan dalam Bahasa Korea. Misalnya, "Aja-aja fighting" yang memiliki arti "Jangan menyerah, semangat!" atau "Aja-aja hwaiting

" yang artinya "Jangan menyerah, semangat!". Frasa semangat ini juga sering digunakan dalam situasi pertandingan atau kompetisi.


7. Apakah ada aturan khusus dalam menggunakan Bahasa Korea Semangat?

Meskipun tidak ada aturan khusus, penting untuk menggunakan Bahasa Korea Semangat dengan penuh rasa hormat dan sesuai dengan situasi. Selalu pertimbangkan hubungan dan status sosial Anda dengan orang yang Anda ajak bicara. Jika ragu, lebih baik menggunakan bentuk formal atau menanyakan kepada orang Korea yang dapat memberikan panduan lebih lanjut.


8. Bagaimana cara belajar Bahasa Korea Semangat?

Anda dapat belajar Bahasa Korea Semangat melalui berbagai sumber, seperti buku-buku pembelajaran Bahasa Korea, kursus Bahasa Korea, atau melalui media online dan platform pembelajaran. Menonton variety show, drama Korea, atau mendengarkan lagu Korea juga dapat membantu memperluas kosa kata Bahasa Korea Semangat.


Kesimpulan

Kosa kata semangat dalam Bahasa Korea dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari dan menggunakan kata-kata semacam ini, Anda dapat mengungkapkan semangat dan ketekunan dengan lebih kuat. Jangan pernah berhenti untuk mengembangkan Bahasa Korea Anda dan mengekspresikan semangat Anda melalui kata-kata yang indah ini.

Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Bahasa Korea Semangat, Arti & Penggunaannya"