-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konbanwa - Selamat Malam, Selamat Sore – Belajar Bahasa Jepang


Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kebudayaannya yang unik dan menarik. Selain itu, Jepang juga dikenal sebagai negara dengan teknologi yang sangat maju dan inovatif. Namun, ada satu hal lagi yang membuat Jepang menjadi daya tarik bagi banyak orang, yaitu bahasa Jepang.

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang menarik untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki tata bahasa yang sangat berbeda dari bahasa-bahasa lainnya, seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Jepang juga memiliki karakteristik tulisan Kanji yang sangat khas dan unik.

Salah satu hal penting dalam mempelajari bahasa Jepang adalah memahami berbagai macam aisatsu atau salam sapa dalam bahasa Jepang. Aisatsu dalam bahasa Jepang sangatlah penting karena merupakan bentuk sopan santun yang sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

Salah satu aisatsu yang paling sering digunakan di Jepang adalah "Konbanwa". Konbanwa adalah salam sapa yang bisa digunakan di malam hari, dengan kata lain bisa diartikan sebagai "selamat malam". Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang arti dan penggunaan Konbanwa.

Apa Arti Konbanwa?

Sama seperti Ohayou Gozaimasu dan Konnichiwa, Konbanwa juga merupakan salah satu salam sapa atau aisatsu dalam bahasa Jepang. Konbanwa artinya "selamat malam" dan umumnya digunakan pada saat malam hari atau keadaan sudah mulai gelap.

Konbanwa juga bisa diartikan sebagai "selamat sore" jika dilihat dari rentang waktu penggunaannya. Waktu selamat sore berada di antara "selamat siang" dan "selamat malam", oleh karena itu Konbanwa juga bisa diucapkan sebagai salam sapa yang sopan saat bertemu dengan orang di waktu sore.

Jam Berapa Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Konbanwa?

Jam yang tepat untuk mengucapkan Konbanwa adalah saat matahari terbenam atau keadaan sudah mulai gelap. Namun, karena Konbanwa juga bisa diartikan sebagai "selamat sore", maka waktu yang tepat untuk mengucapkannya adalah pada saat waktu sore, yaitu sekitar jam 16.00 sampai jam 18.00.

Bedanya Konbanwa dan Oyasuminasai?

Konbanwa dan Oyasuminasai sama-sama berarti "selamat malam", namun keduanya memiliki penggunaan yang berbeda. Konbanwa digunakan sebagai salam sapaan pada waktu malam atau sore, sedangkan Oyasuminasai digunakan sebagai ucapan selamat tidur.

Jadi, jika ingin mengucapkan salam sapaan pada saat malam atau sore, maka yang tepat digunakan adalah Konbanwa. Sedangkan jika ingin mengucapkan selamat tidur, maka yang tepat digunakan adalah Oyasuminasai.

Mengapa Konbanwa Ditulis こんばんは? Kenapa Tidak Dibaca Konbanha?

Bahasa Konbanwa ditulis dengan huruf Hiragana こんばんは karena merupakan bahasa Jepang yang menggunakan sistem tulisan Kanji, Hiragana, dan Katakana. Hiragana merupakan salah satu sistem tulisan yang digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang yang tidak memiliki karakter Kanji yang cocok untuk mewakili pengucapan kata tersebut.

Dalam sistem tulisan Hiragana, setiap suku kata memiliki huruf khusus yang mewakili bunyi dari suku kata tersebut. Untuk Konbanwa, tulisan Hiragananya adalah こんばんは. Tidak ada bunyi "ha" pada huruf Hiragana ini, namun pengucapannya tetaplah "Konbanwa".

Konbanwa juga bisa ditulis dengan menggunakan Kanji, yaitu 今晩は. Namun, penggunaan huruf Hiragana lebih sering digunakan dalam penggunaan sehari-hari.

Contoh Kalimat Penggunaan Konbanwa

Berikut beberapa contoh kalimat penggunaan Konbanwa dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Konbanwa! Genki desu ka? (Selamat malam! Apa kabar?)
  2. Konbanwa, o-machido sama deshita. (Selamat malam, maaf menunggu.)
  3. Konbanwa, watashi wa Tanaka desu. (Selamat malam, saya Tanaka.)
  4. Konbanwa, kyou wa ii tenki desu ne. (Selamat malam, cuacanya bagus hari ini ya?)
  5. Konbanwa, kyou wa o-tsukare-sama deshita. (Selamat malam, hari ini terasa melelahkan ya?)

Kesimpulan

Konbanwa merupakan salah satu salam sapa atau aisatsu dalam bahasa Jepang yang digunakan pada saat malam atau sore. Artinya adalah "selamat malam" atau "selamat sore" tergantung dari rentang waktu penggunaannya.

Penggunaan Konbanwa sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di Jepang karena merupakan bentuk sopan santun dalam berbicara dengan orang lain. Selain itu, memahami aisatsu dalam bahasa Jepang juga merupakan salah satu kunci penting dalam mempelajari bahasa Jepang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jepang dan lebih memahami arti dan penggunaan dari Konbanwa.


FAQ 

  1. Apa arti Konbanwa?

Konbanwa merupakan salah satu salam sapa atau aisatsu dalam bahasa Jepang yang digunakan pada saat malam atau sore. Artinya adalah "selamat malam" atau "selamat sore" tergantung dari rentang waktu penggunaannya.

  1. Kapan sebaiknya kita menggunakan Konbanwa?

Konbanwa umumnya digunakan setelah matahari terbenam atau saat mulai gelap. Namun, konbanwa juga dapat digunakan sebagai pengganti aisatsu selamat sore karena rentang waktu penggunaannya berada di antara selamat siang dan selamat malam.

  1. Apakah Konbanwa termasuk salah satu budaya dalam kehidupan sehari-hari di Jepang?

Iya, mengenal berbagai macam aisatsu atau salam sapa dalam bahasa Jepang sangatlah penting, karena saling menyapa antar sesama merupakan bentuk sopan santun yang sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

  1. Apakah Konbanwa memiliki arti lain?

Selain artinya yang sering digunakan sebagai salam sapa pada malam atau sore hari, konbanwa juga bisa diartikan secara harfiah sebagai "malam ini" jika diterjemahkan kata per kata. Namun, penggunaan konbanwa dalam konteks pengucapan selam sapa lebih sering digunakan daripada penggunaannya secara harfiah.

  1. Apakah Konbanwa memiliki sejarah atau asal-usul yang khusus?

Konbanwa berasal dari satu kalimat sapaan panjang yang diucapkan oleh orang-orang zaman dulu, yaitu "今晩はご機嫌いかがですか?" (Konban wa gokigen ikaga desuka?) yang artinya "Bagaimana kabar Anda malam ini?". Dalam perkembangan selanjutnya, pengucapan kalimat ini diperpendek menjadi "konbanwa" saja yang diartikan sebagai sapaan "selamat malam" saat bertemu seseorang di malam hari.

  1. Apakah ada cara lain untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa Jepang?

Selain Konbanwa, ada juga cara lain untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa Jepang, yaitu dengan mengucapkan "Oyasumi nasai" atau "おやすみなさい". Pengucapan ini lebih umum digunakan ketika seseorang akan tidur atau meninggalkan tempat pada malam hari.

  1. Apakah penggunaan Konbanwa berbeda tergantung pada konteks penggunaannya?

Ya, dalam bahasa Jepang, penggunaan aisatsu atau salam sapa sangatlah penting karena dapat mencerminkan tingkat kesopanan atau hubungan antar pemakai bahasa. Sebagai contoh, Konbanwa lebih sering digunakan pada orang yang tidak terlalu sering bertemu atau orang yang tidak terlalu akrab, seperti tamu, tetangga, atau orang yang baru dikenal. Sementara itu, untuk orang yang lebih dekat, seperti keluarga atau teman dekat, bisa menggunakan kata-kata yang lebih santai atau informal.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang Konbanwa, salah satu salam sapa dalam bahasa Jepang yang sering digunakan pada malam atau sore hari. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu lebih memahami penggunaan Konbanwa dalam konteks budaya Jepang dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.

Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Konbanwa - Selamat Malam, Selamat Sore – Belajar Bahasa Jepang"