-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Pola Dasar Kata Kerja dalam Bahasa Korea: Panduan untuk Pemula

Apakah kamu sedang belajar bahasa Korea? Jika iya, kamu pasti pernah merasa kesulitan saat harus menghafal pola dasar pada kata kerja, bukan? Nah, di artikel ini, kami akan membahas 10 pola dasar kata kerja dalam bahasa Korea yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga akan belajar bagaimana cara mengaplikasikan pola dasar tersebut ke dalam kalimat.


1. Pola normal ㅗ or ㅏ --> menjadi 아요/아 -->좋다,받다, 닫다

Dalam pola ini, kata kerja yang memiliki huruf vokal ㅗ atau ㅏ pada suku kata terakhir, akan berubah menjadi 아요 atau 아 pada akhir kalimat. Contohnya, kata kerja 좋다 (baik) akan berubah menjadi 좋아요 (baik/suka) pada kalimat akhir. Begitu juga dengan kata kerja 받다 (menerima) yang akan berubah menjadi 받아요 (menerima) dan 닫다 (menutup) menjadi 닫아요 (menutup).


2. Pola tdk normal ㅗ or ㅏ --> menjadi 어요/어 -->먹다, 입다, 신다

Pola ini digunakan untuk kata kerja yang tidak memiliki vokal ㅗ atau ㅏ pada suku kata terakhir. Huruf vokal tersebut akan digantikan oleh 어요 atau 어 pada akhir kalimat. Sebagai contoh, kata kerja 먹다 (makan) akan berubah menjadi 먹어요 (makan), 입다 (memakai) menjadi 입어요 (memakai), dan 신다 (memakai) menjadi 신어요 (memakai).


3. Pola akhiran ㅣ --> gabung menjadi ~ㅕ요/~ㅕ -->마셔요, 어쳐요, 가르쳐요

Pada pola ini, akhiran ㅣ akan digabungkan dengan ~ㅕ요 atau ~ㅕ pada akhir kalimat. Misalnya, kata kerja 마시다 (minum) akan berubah menjadi 마셔요 (minum), 어쩌다 (terjadi) menjadi 어쳐요 (terjadi), dan 가르치다 (mengajar) menjadi 가르쳐요 (mengajar).


4. Pola akhiran ㅗ --> gabung menjadi 와요/와 -->와요, 갔다와요

Jika kata kerja memiliki akhiran ㅗ, maka akan berubah menjadi 와요 atau 와 pada akhir kalimat. Contohnya, kata kerja 갔다오다 (pergi dan kembali) akan berubah menjadi 갔다와요 (pergi dan kembali).


5. Pola akhiran ㅡ --> hilangkan ㅡ tambah akhiran -->바쁘다 - 바빠요, 예쁘다 - 예뻐요

Jika kata kerja memiliki akhiran ㅡ, maka huruf tersebut akan dihilangkan dan diganti dengan akhiran baru. Sebagai contoh, kata kerja 바쁘다 (sibuk) akan

6. Pola akhiran 르 --> gandakan ㄹ, hilangkan ㅡ tambah akhiran -->부르다 - 불러요, 자르다 - 잘라요

Jika kata kerja memiliki akhiran 르, maka huruf ㄹ akan digandakan dan ㅡ dihilangkan. Kemudian, kata kerja tersebut akan diberi akhiran baru pada akhir kalimat. Misalnya, kata kerja 부르다 (memanggil) akan berubah menjadi 불러요 (memanggil), dan 자르다 (memotong) akan berubah menjadi 잘라요 (memotong).


7. Pola akhiran ㅏ atau ㅓ --> tambahkan 요 atau dibuang aja (casual) -->가다 - 가요 , 자다 - 자요

Pada pola ini, akhiran ㅏ atau ㅓ pada kata kerja bisa ditambahkan akhiran 요 untuk menjadi lebih sopan. Namun, jika ingin lebih casual, akhiran tersebut bisa dihilangkan. Contohnya, kata kerja 가다 (pergi) bisa menjadi 가요 (pergi) atau hanya menjadi 가 (pergi), dan 자다 (tidur) bisa menjadi 자요 (tidur) atau hanya menjadi 자 (tidur).


8. Pola akhiran ㅜ --> gabung menjadi 워요/워 -->어려워요, 배워요, 피워요

Jika kata kerja memiliki akhiran ㅜ, maka akan berubah menjadi 워요 atau 워 pada akhir kalimat. Misalnya, kata kerja 어렵다 (sulit) akan menjadi 어려워요 (sulit), 배우다 (belajar) akan menjadi 배워요 (belajar), dan 피우다 (menanam) akan menjadi 피워요 (menanam).


9. Pola untuk gaya kasual/not polite, tinggal menghilangkan 요 saja.

Jika ingin mengungkapkan kalimat dengan gaya kasual atau tidak sopan, maka akhiran 요 bisa dihilangkan pada akhir kalimat. Sebagai contoh, kata kerja 하다 (melakukan) akan menjadi 해 (melakukan), dan 좋아요 (baik/suka) akan menjadi 좋아 (baik/suka).


10. Menghafal 10 bentuk kata kerja umum pertama

Berikut adalah 10 bentuk kata kerja umum pertama beserta artinya, yang bisa kamu hafal untuk memudahkan pembuatan kalimat:

- 하다 (melakukan) --> 해요 (melakukan)

- 있다 (memiliki/ada) --> 있어요 (memiliki/ada)

- 없다 (~업다) (tidak memiliki/tidak ada) --> 없어요 (~없어요) (tidak memiliki/tidak ada)

- 가다 (pergi) --> 가요 (pergi)

- 먹다 (makan) --> 먹어요 (makan)

- 마시다 (minum) --> 마셔요 (minum)

- 일어나다 (bangun) --> 일어나요 (bangun)

- 자다 (tidur) --> 자요 (tidur)

- 보다 (melihat) --> 봐요 (melihat)

- 좋다 (baik/suka) -->

Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "10 Pola Dasar Kata Kerja dalam Bahasa Korea: Panduan untuk Pemula"