-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dongeng Korea: Sumur Misterius Yang Diberitahukan Elang

Dongeng Korea: Sumur Misterius Yang Diberitahukan Elang




솔개가 가르쳐준 신비한 우물 (Bahasa Indonesia: Sumur Misterius Yang Diberitahukan Elang) adalah dongeng asal negeri ginseng (Korea Selatan) yang diterbitkan oleh Nowon Culture Center. Dongeng ini terletak di halaman 67.

솔개가 가르쳐준 신비한 우물

대성이는 노원에서 둘째가라면 서러운 부지런쟁이입니다. 아침에는 산에 올라 나물을 캐고, 낮에는 남의 집에서  농사일을 거듭니다. 그리고 밤에는 버려진 땅을 일구어 밭을 만들지요. 손끝도 야무져서 못 만드는 게 없답니다.


하루하루 열심히 살아가는 대성이지만 요즘은 좀처럼 일이 손에 잡히지 않습니다. 어머니께서 몸에 난 부스럼 때문에 몸져누우셨거든요.


가난한 형편에 의원을 부를 수도 없고, 대성이는 피부병에 좋다는 약초를 찾아서 온 숲을 헤매고 다녔습니다. 날이 저무는지도 모르고 배고픔도 잊은 채 정신없이 돌아다녔죠.


그러던 어느 날이었어요. 무거운 짐을 어깨에 짊어지고 산길을 몇 시간이나 걸었더니 피로가 밀려왔습니다. 그래서 잠시 앉아서 쉰다는 것이 그만 깜빡 잠이 들고 말았죠.


꿈속에서 대성이는 커다란 솔개 한 마리를 만났습니다. 솔개는 마치 따라오라는 듯이 대성이의 머리 위를 빙빙 돌더니, 한참을 날아가 어느 우물가에 내려앉았습니다. 그러고는 우물물을 마시라는 시늉을 했어요. 대성이는 솔개가 시키는 대로 우물물을 한 모금 마셨습니다. 그러자 신기하게도 지칠 대로 지친 몸이 가뿐해지지 뭐예요.


"이 신비한 물이라면 어머니의 피부병을 고칠 수 있겠어! 솔개야, 정말 고마워. 빨리 마을로 내려가서 물통을 빌려와야겠다. 어머니가 얼마나 기뻐하실까?"


대성이는 있는 힘껏 뛰기 시작했습니다. 그런데 너무 서두른 걸까요. 평소 달리기 대장인 대성이가 돌부리에 걸려서 꽈당 넘어졌어요. 그리고 그 순간 잠에서 확 깨어나고 말았답니다.


다음 날 아침, 대성이는 일어나자마자 솔개가 알려준 우물을 찾기 위해 집을 나섰습니다. 그런데 가만히 생각해 보니 우물가 풍경이 낯설지 않았어요. 


"어디서 봤더라? 분명 내가 아는 곳인데. 혹시 그곳일까?"


꿈속에서 솔개가 가르쳐준 우물은 대성이가 일을 다니면서 가끔 목을 축이던 바로 그곳이었어요. 대성이는 신이 나서 물통 가득 우물물을 담아 집으로 돌아왔답니다.


대성이는 어머니 입에 우물물을 조금씩 흘려 넣어 드렸어요. 그리고 우물물에 깨끗한 천을 적셔 부스럼이 난 몸을 닦아드렸죠. 그랬더니 하루가 지나자 고름이 멎고 일주일째에는 부스럼이 깨끗이 사라졌어요. 그리고 열흘 후, 어머니는 마침내 자리에서 일어나셨답니다. 예전처럼 대성이에게 환한 미소를 지어 보이시면서 말이에요.


그 후 우물물에 대한 소문이 퍼져 몸이 아픈 사람들이 줄을 지어 찾아왔습니다. 그런데 우물물을 마신다고 해서 모두 병이 낫는 건 아니었어요. 솔개가 가르쳐준 우물물은 대성이처럼 부모님께 효도하는 착한 사람에게만 신비한 힘을 보여주었답니다.



Sumur Misterius Yang Diberitahukan Elang 

Dae-Seongi adalah orang yang sangat perkerja keras di Nowon (nama desa). Di pagi hari ia mendaki gunung untuk mencari tanaman yang bisa dimakan. Di siang hari ia Bertani membantu pekerjaan orang lain. Dan di malam hari ia mencangkul tanah kosng untuk dijadikan ladang. Tidak ada yang tidak bisa ia buat karena ia orang yang begitu terampil.

 

Dae-Seongi yang hidup dengan tegar sehari-hari tetapi akhir-akhir ini tidak berkerja sedikitpun. Ibunya terbaring sakit karena penyakit bisul. Ia tidak dapat memanggil tabib karena ia miskin dan Dae-Seongi mencari obat kulit sehingga ia mengelana hutan. Ia tidak tahu jika hari mulai gelap dan ia kembali pulang dalam keadaan perut kosong.

 

Demikianlah hari itu, ia memikul barang yang berat di pundaknya dan berjalan menapaki gunung hingga rasa Lelah menumpuk. Dae-Seongi duduk sejenak untuk istirahat malah ia tertidur pulas.

 

Di dalam mimpi Dae-Seongi bertemu seekor burung elang yang besar. Elang itu berputar-putar di atas kepala Dae-Seongi, seolah-olah elang itu kelihatan membuntutinya. Dan ia turun ke dekat sumur setelah terbang sekian lama. Begitulah elang itu berpura-pura minum air sumur. Dae-Seongi minum segelas air sama seperti yang elang pinta. Begitu menakjubkan, tubuh yang Lelah menjadi enteng.

 

“Air misterius ini dapat mengobati penyakit kulit ibu! Elang, terima kasih banyak. Aku akan meminjam ember jadi cepatlah turun. Apakah ibu senang?”


Dae-Seongi mulai berlari sekuat tenaga. Namun ia sangat tergesa-gesa. Dae-Seongi berjalan di tanah berbatu hingga ia terjatuh. Dan ia terbangun dari tidurnya.

 

Keesokan paginya, Dae-Seongi bangun dan langsung pergi mencari sumur yang diberitahukan elang. Namun setelah ia berpikir, sumur itu tidak asing pemandangannya.

“Dimana aku melihatnya? Aku yakin, aku tahu tempat itu. Mungkinkah tempat itu?”

Sumur yang diberitahukan elang dalam mimpi, Dae-Seongi pergi ke tempat itu sambal terkadang membasahi lehernya. Dae-Seongi sangat ceria karena embernya dipenuhi air yang ia ambil kemudian ia kembali pulang.

 

Dae-Seongi mencucurkan air sedikit demi sedikit ke mulut ibu. Dan ia membasahi kain yang bersih dengan air tersebut kemudian mengolesi tubuh ibu yang keuar bisul. Demikianlah setelah sehari berlalu, nanah berhenti dan bisul hilang dalam sepekan. Sepuluh hari kemudian, ibu akhirnya bangun dari tempatnya, ibu terlihat tersenyum senang pada Dae-Seongi seperti dulu.

 

Sejak saat itu, rumor tentang air sumur itu menyebar, orang-orang yang sakit berurut mencarinya. Akan tetapi tidak semua penyakit sembuh jika meminumnya. Air sumur yang diberitahukan elang memperlihatkan kekuatan misterius hanya pada orang yang baik yang berbakti kepada orang tua sepertu Dae-Seongi.


Catatan: Cerita ini saya ambil dari buku tersebut kemudian saya terjemahkan sendiri ke dalam Bahasa Indonesia.

Penerjemah: Kongbu Hard
Penerbit: 노원문화원 (Nowon Culture Center)

Kongbu Hard
Kongbu Hard Kongbu Hard adalah situs web untuk belajar Bahasa Korea sekaligus Bahasa Arab dengan mudah untuk orang Indonesia.

Post a Comment for "Dongeng Korea: Sumur Misterius Yang Diberitahukan Elang"